Selasa, 06 Agustus 2013

Ajegile, Udah Lebaran Aja!

GILA!
Hampir 4 bulan rasanya gue enggak pernah melampiaskan sesuatu di blog ini, dan gue tau, pasti, tanpa basa-basi dan tanpa suatu kompromi, pasti kalian Henders merindukan gue banget. 
Ya, banget.
Karena disini gue merasakan perasaan yang cukup sama seperti para Henders disana, gue juga merindukan kalian, ya meskipun enggak begitu banget. Tapi ah yagitulah..

Jadi, selama 4 bulan ini, apakabar kalian semua? sehat? baik? masih jomblo? masih suka ngestalkin mantan? masih suka curi-curi pandang sama gebetan? masih mengharapkan harapan yang tak kunjung datang? atau masih ngebahas tentang The Conjuring di twitter dengan ekspektasi dianggap keren karena sudah nonton?
Ah entahlah, belakangan ini banyak sekali orang yang aneh disana dan disini.

Buat yang nanya masalah naskah gue diterima atau enggak, makasih udah bertanya, silahkan tanya lagi di lain waktu ya...

Anyway, enggak terasa ya, bagi yang merasa muslim, karena sudah melewati sebuah tantangan yang begitu menakjubkan yang dinamakan dengan puasa selama 30 hari. Dan enggak terasa juga lebaran hanya tinggal menghitung detik demi detik yang nanti terlewati.

Entah kenapa, suasana ketika bulan ramadhan ini begitu kental banget di daerah rumah gue. Sebenarnya gue yakin enggak hanya dirumah gue yang suasana nya seperti itu, gue yakin, bahkan diseluruh indonesia juga sepertinya sangat suka cita ketika datangnya bulan suci ini.
Gue sih bahagia banget apalagi kalau ngeliat orang-orang gitu ngerayain datangnya bulan suci ini, entah kenapa senang aja gitu. Dan gue bukannya sombong sebenernya, tapi ketika bulan puasa dateng, itu kebiasaan gue tuh berubah drastis. Gue langsung mendadak religius. Beneran. 
Karena coba kita liat aja di tv-tv juga itu acara sinetron kalau lagi bulan puasa, behhh semuanya pada pake jilbab ya. Dikit-dikit yang tadinya enggak pake jilbab, pake jilbab. Julia Perez langsung pake jilbab. Tya Ariestya langsung pake jilbab. Supir angkot juga enggak mau kalah, pake mukena. Semuanya pokonya berubah gitudeh, subhanallah banget.

Dan gue juga berusaha berubah (bukan ikutan pake jilbab-_-). 
Gue tuh yang namanya sepertiga malam itu ya, jam 1 itu gue udah ada di atas sajadah men. Ya sebenernya sih tidur itu gue. Tidur gitu sampe sahur. Tapi gapapa, biar kerenlah..

Selain itu, didalam bulan puasa juga, ada sebuah shalat sunah yang dinamakan Shalat Tarawih. Tapi jujur aja, gue adalah salah satu bocah yang emang enggak terlalu sering melakukan Shalat Tarawih ini. 
Dan biasanya, di masjid dekat rumah gue itu kalau seandainya Shalat Tarawih itu jumlahnya 23 Rakaat, dan itu benar-benar terkadang bikin lutut kopong ya. 
Pernah waktu itu gue shalat tarawih didekat rumah gue. 
Dari Rakaat 1 sampai dengan Rakaat 5, ya gue masih kuat sih. Rakaat 6 sampai Rakaat 10, dengkul gue udah kopong. Di Rakaat 11 sampai Rakaat terakhir, Waaah udah, gue langsung diganti sama pemain cadangan. 
Tapi besoknya, gue shalat tarawih lagi, dari Rakaat 1 sampai Rakaat terakhir tuntas! Beres! Hebat kan? 
Gue pake Stuntman. Joki Tarawih.

Dan biasanya juga kalau kebiasaan-kebiasaan pas bulan puasa itu di tv-tv sering banget dan banyak banget yang namanya kuis ya. Nah itu gue peringatin nih ya, itu harus hati-hati banget. 
Sejak adanya kuis-kuis di bulan Ramadhan, itu banyak banget orang yang facebooknya ataupun twitternya kena hack (baca: dibajak). 
Coba aja lo perhatiin misalnya lagi ada kuis, 
‘Iya dengan siapa dimana?’ kata mbak-mbak tukang kuisnya. 
‘Dengan Hendy di BSD.’ Kata gue. 
‘Iya passwordnya mas?’ 
Nah itu jangan lo kasih! Hati-hati! Itu bener-bener bahaya loh. Ntar kalau misalnya dia masuk-masuk facebook lo gimana? Makanya gue tuh enggak pernah menang kalau ada kuis-kuis kaya gitu. 
Waktu itu gue pernah ikutan kuis kaya gitu, dan udah nyambung itu, terus ditanyain lagi sama mbak-mbak yang disana, 
‘Dengan siapa dan dimana?’ Tanya si mbak-mbaknya. 
‘Dengan Hendy di BSD.’ Jawab gue. 
‘Iya silahkan passwordnya?’ 
Langsung itu gue tutup!! Gila gue bilang, baru kenal udah minta password. Nah itu bahaya banget, jangan sampe ya.

Selain itu juga, Sebenarnya ada satu hal yang benar-benar gue benci ketika bulan puasa. Bukan masalah ibadah ataupun tentang puasanya, gue benci dengan mbak-mbak warung pinggir jalan yang masih buka ketika bulan puasa sedang berlangsung. 
Boleh sih, jikalau mereka membuka warungnya diatas jam 3 sore ketika semua orang mau bersiap-siap untuk membatalkan puasa pada maghrib hari, tetapi ini enggak. 
Banyak sekali, khususnya warung-warung di BSD yang terkadang dari pagi pun sudah buka, apalagi terkadang kordennya dibuka dengan leluasa memperlihatkan orang-orang yang tidak berpuasa. Bukannya apa-apa, cuma tolong dong hargailah orang-orang yang sedang berpuasa. 
Pernah waktu itu, didepan rumah gue ada warteg buka. Gue langsung kesel, langsung naik pitam keadaan gue. Langsung gue samperin kesana. 
‘Assalamualaikum!!’ teriak-teriak gue. 
‘Ibu! Ini bulan puasa, kalau Ibu mau jualan, boleh, asal tirai nya tutup!’ gue menambahkan. ‘Oh iya mas, iya mas.’ 
Langsung gue cepet-cepet duduk dikursi, ‘Nah kalau gitu kan enak, es teh manis satu ye!’
Yaudah abis itu kenyang deh gue.

Yap, dibalik semua itu, yang penting kita yang muslim udah menjalankan puasa ini dengan sebaik-baiknya. semoga amal kita diterima di sisi-Nya, amin.

Oh iya, mohon maaf lahir dan batin buat semua Henders maupun semua pembaca disini ya :) mohon maaf kalau selama ini gue ada salah-salah sama kalian. mungkin gue memang terlalu salah memiliki ketampanan ini, jadi maafin ya kawan :)

Seperti sebuah pepatah tua mengatakan, 'berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian'

Kok ganyambung? Bodo amat, blog blog gue.

Wassalamualaikum Wr Wb.

0 komentar: